6 Resep Sukses Dalam Menuntut Ilmu

Resep Sukses Untuk Seorang Penuntut Ilmu

Dalam melakukan apapun kita harus memiliki formula atau metode tertentu dalam menyelesaikan suatu masalah. Entah Anda itu sebagai Blogger, Desainer, Programmer, Entrepreneur atau lain-lain. Dalam segala bidang pekerjaan atau sekedar hobbi pun memiliki bidang ilmunya masing-masing.

Untuk seseorang yang menekuni dalam bidang tertentu dan ingin menguasainnya, sebaiknya harus memiliki resep atau formula untuk sukses dalam mempelajari suatu bidang yang harus ingin dipelajari.

Credit: bagi-in.com

Sebelum mempelajari suatu bidang tertentu, sebaiknya kita tau apa resep sukses menjadi ahli dalam bidang tertentu atau bisa dikatan master dalam bidang tersebut.

Dalam kitab Alala karya Kh. Marzuki dari Lirboyo Kediri. Yang berbunyi dalam bahasa latin; Elingo dak khasil ilmu anging nem perkoro bakal tak critaake kumpule kanthi pertelo, rupane limpad, lubo, sabar, ana sangune, lan piwulange guru, lan sing suwe mangsane.

6 Resep sukses dalam menuntut ilmu tersebut ditujukan oleh siapapun yang sedang menuntut ilmu, seseorang yang ingin sukses atau berhasil, bahkan seseorang yang ingin kaya pun bisa menggunakan metode ini (kaya dalam segi intelektual).

6 Resep Sukses Bagi Seorang Yang Belajar Ilmu;

1. Limpad

Penuntut ilmu yang ingin menjadi ahli dalam bidang yang ia sukai. Hal yang paling mendasar yang harus ditanamkan adalah Niat atau keinginan dalam belajar.

Seandainya seorang ingin menjadi seorang Blogger yang profesional tetapi ia malas-malasan dalam belajar atau malas introspeksi. Sesuatubyang diniati entah sukses atau tidaknya, setidaknya ia telah melangkah dalam jalur yang sama tinggal menunggu kapan tanggal mainnya.

Tanamkan dalam hati, bahwa harus sukses atau mati.

2. Lubo

Sebelum seseorang belajar ilmu, ia diwajibkan mencintai ilmu yang akan dipelajari. Sebagai contoh jika Anda adalah Blogger, dan Anda ingin sukses jadi Blogger Profesional setidaknya Anda belajar; entah belajar Cara Menulis Artikel Yang Baik, Programming Dasar, Internet Marekting, Desain Grafis, dll.

Hal-hal Yang Harus Dipelajarai Oleh Blogger Profesional

Ketika Anda memutuskan untuk belajar suatu disiplin ilmu tertentu Anda harus memikiki tekad semangat yang kuat. Sebab semangat adalah kunci sukses seseorang dalam meraih kesuksesan.

Semangat ibarat jendral dalam suatu peperangan yang mengobarkan keinginan kuat untuk mengalahkan lawan yang sedang menghadang. Dengan semangat halangan sebesar apapun akan lewat dengan mudah.

3. Sabar

Sabar adalah kunci dari sebuah kesuksesan. Dalam menuntut ilmu, seorang penuntut ilmu harus punya sifat penyabar. Walau dalam belajar kadang ada sebuah masalah yang menuntut kita untuk berfikir untuk mempelajari suatu bidang. Jika dari Anda sampai sekarang belum juga menguasai suatu keahlian yang Anda pelajari, jangan pernah berhenti belajar sampai Anda benar-benar menguasai.

Sebab menuntut ilmu membutuhkan banyak waktu. Dengan segala yang terjadi dalam menuntut ilmu kita harus sabar, sabar, dan sabar. Sampai tiba waktunya kita menjadi seorang ahli ilmu.

Kisah Penantian Yang Tak Sia-sia

4. Ana Sangune

Seorang penuntut ilmu dituntut untuk memiliki bekal dalam menuntut ilmu. Entah bekal berupa ilmu itu sendiri, harta, pengalaman, atau apapun. Bekal sangat dibutuhkan ketika belajar ilmu, tanpa bekal seorang penuntut ilmu ibarat berlayar di samudra tanpa mengerti ilmu tentang perbintangan. Terombang-ambing di tengah laut dan tak tau jalan pulang.

Hal-hal Yang Wajib Dimiliki Seorang Entrepreneur

5. Piwulange Guru

Jika kita ingin jadi ahli dalam bidang tertentu, kita memerlukan seorang guru. Guru terbaik adalah pengalaman, tetapi belajar dengan pengalaman kita sangat menguras waktu, tenaga, fikiran yang sangat-sangat banyak.

Dizaman milenial sepetri ini, kita bisa belajar apapun, dimanapun dan kapanpun. Bisa lewat internet, buku, audiobook, dan ikut-ikut seminar.

Cara Belajar Zaman Milenial

Tetapi jika kita ingin belajar ilmu agama, sebaiknya kita belajar langsung di pesantren. Jika belajar di internet takutnya nanti jadi salah pengertian yang mengakibatkan munculnya aliran-aliran yang fianggap sesat oleh MUI. Gak mau kan salah faham dan sesat dijalan. Ilmu agama itu butuh penjelasan dari seorang guru agar ilmu yang didapat masih tersambung pada ulama' dan sampai pada Rasulullah SAW.

6. Suwe Mangsane

Dalam belajar ilmu, dibutuhkan waktu yang lama. Belajar ilmu tak cukup sehari atau dua hari. Jika kita ingin sukses menjadi ahli ilmu maka belajar dan belajar. Yang dimaksud lama waktunya disini adalah adanya suatu kontinuitas.

Seorang yang belajar lama tanpa kontinuitas itu sama saja bohong. Dengan kontinuitas kita akan terlatih dan mahir jadi seorang master dalam cabang ilmu yang kita pelajari.

Sukses Itu Harus Menghabiskan Kurang Lebih 10.000 Jam Action

Penutup

Kurang lebih itulah resep sukses seseorang jika ingin menjadi ahli dalam suat bidang tertentu. Jika ada artikel tersebut menurut Anda ada kekeliruan, kami mohon maaf sebab manusia tempatnya salah. Tambahan, artikel ini diperbaharui secara berkala. Semoga bermanfaat. Terima Kasih. Jangan lupa juga baca lanjutan dari terjemaham bebas Kitab Alala: Seseorang Yang Menemanimu Adalah Cermin Dari Sifatmu

Refrensi: Kitab Alala.

Related Posts:

0 Response to "6 Resep Sukses Dalam Menuntut Ilmu"