Apa Itu Public Speaking?

Halo sobat pinter. Zaman sekarang untuk menjadi seorang profesional sebaiknya lengkapi diri kita dengan soft skill komunikasi. Seperti kemampuan public speaking. Untuk kamu yang ingin mendapatkan tips dan trik seputar public speaking, bisa mampir di pinterngomong.com. Disini banyak artikel yang dapat membantu kamu mengupgrade kemampuan komunikasi kamu. Because we are your partner in communication.

Nah kali ini sebagai perkenalan, kita bahas tentang public speaking yuk. Kalau ada yang bilang public speaking itu baru ngetren sekarang, salah tuh. Ilmu ini dikenal sebagai ilmu yang mempelajari cara mempengaruhi orang lain. Filsuf Yunani Aristoteles menulis hal ini dalam bukunya berjudul Rhetoric. Wow sudah ada dari beberapa abad lalu yah. Aristoteles juga yang menuliskan tentang 3 pilar public speaking.

Apa sih itu public speaking? Secara harafiah artinya berbicara di depan umum. Pemahaman lengkapnya dirangkum dalam 5 Ways To Understanding Public Speaking, seperti ini nih:

1. Seseorang Berbicara Di Hadapan Umum

Yes. Bukan bicara berkelompok atau ramai-ramai. Tetapi ada satu orang yang bersuara menyampaikan informasi kepada publik. Contohnya: MC, dosen mengajar, ustadz ceramah, presentasi kuliah dan kantor bahkan stand up comedy. Nah kalau penyiar radio termasuk public speaking ga? Iya dong! Hanya dia tidak berhadapan langsung. Inti public speaking adalah menyampaikan pesan untuk umum, baik langsung atau tidak langsung. Contoh lainnya: presiden pidato disiarkan oleh tv nasional.

2. With Or Without Presentation Tools

Public speaking bisa dilakukan dengan atau tanpa menggunakan alat bantu presentasi. Alat bantu presentasi yang umum adalah laptop, LCD proyektor, flipchart, slide, pointer dan sebagainya. Tetapi tanpa alat bantu pun bisa. Ini mengajarkan kita untuk tidak selalu tergantung gadget. Bayangkan saat akan presentasi tiba-tiba mati lampu. Saat ini di dunia startup selain pitch deck, sudah dikenal yang namanya elevator pitch dan napkin pitch. Presentasi super singkat untuk mendapatkan modal usaha. Terkadang serbet (napkin) bisa jadi alat bantu presentasi! Presentasi di lift (elevator)? Bisa bayangkan?

3. Inti Dari Public Speaking Adalah Menyampaikan Pesan

Saat presentasi jangan terlalu memikirkan masalah penampilan. Fokuskan pada bagaimana kamu menyampaikan pesan. Kemaslah materimu dengan menarik dan sampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami. Kenapa penyampaian pesan ini penting? Karena tujuan public speaking itu memberikan wawasan tambahan kepada audiensnya. Mencerdaskan dan mempengaruhi orang supaya mau mengikuti apa yang kita inginkan.

4. Public Speaking Harus Enak Dilihat Dan Didengar

Penampilan presenter, slide materi dan gesture adalah hal-hal yang membuat public speaking menarik. Tetapi akan lebih joss lagi kalau kamu memiliki teknik vokal dan ekspresi yang baik agar nyaman didengar audiens.

5. Practice, Practice and Practice

Ingin menjadi pembicara yang hebat? Latihan, latihan dan latihan. Mulailah latihan berbicara di depan umum dari hal sederhana. Misalnya memimpin rapat, mengemukakan pendapat dan bertanya di forum, latihan vocal dengan gadget yang ada dan sebagainya.

Seseorang harus berlatih selama 10000 jam supaya bisa ahli di bidangnya ~ Malcolm Gladwell (Outliers)
Jadi sudah paham ya soal public speaking. Ada 5 poin yang bisa membantu kamu mengerti public speaking itu apa. Oiya public speaking itu sebuah keterampilan. Berbeda dengan public relation (PR). PR adalah profesi. Seorang PR wajib bisa public speaking. Selamat belajar. (alyp)

Related Posts:

0 Response to "Apa Itu Public Speaking?"