Apa Itu Fotografi?

Fotografi merupakan sebuah kata yang sering kita dengar baik itu secara langsung secara verbal maupun secara tidak langsung misalnya melalui media cetak atau televisi. ketika mendengar kata tersebut yang terlintas dalam benak kita adalah "Foto". Banyak orang awam yang beranggapan fotografi itu adalah tukang foto. Padahal kalau kita pelajari lagi itu merupakan sesuatu hal yang berbeda, tukang foto mungkin lebih ke arah fotografer bukan fotografi.

Banyak diantara kita yang mengenal kata fotografi tetapi tidak tahu apa itu pengertian dari fotografi. Di sini saya akan share sedikit mengenai hal tersebut. Fotografi dalam bahasa Inggris "Photography" sebenarnya berasal dari bahasa Yunani yaitu "photos" yang berarti cahaya dan "grafo" yang berarti melukis/menulis adalah proses menulis/melukis dengan menggunakan media cahaya. Secara umum, fotografi adalah "Proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek tertentu dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka terhadap cahaya". Alat yang paling populer dan dikenal orang diseluruh belahan dunia untuk menangkap cahaya ini adalah "Kamera".

Apa prinsip Fotografi itu?
Prinsip fotografi adalah memfokuskan cahaya dengan bantuan pembiasan cahaya sehingga mampu membakar medium penangkap cahaya. Medium yang telah dibakar dengan ukuran luminitas cahaya yang tepat menghasilkan bayangan identik dengan cahaya yang memasuki medium pembiasan (selanjutnya disebut "Lensa").

Untuk menghasilkan intensitas cahaya yang tepat untuk menghasilkan gambar atau foto, digunakan bantuan alat ukur berupa lightmeter. Setelah mendapat ukuran pencahayaan yang tepat, seorang fotografer bisa mengatur intensitas cahaya tersebut dengan mengubah kombinasi ISO/ ASA, Aparture, dan Speed. Kombinasi antara ISO, Aparture dan Speed disebut sebagai "Exposure".
Apa itu Exposure? Silahkan baca pengertian Exposure.

Setelah kita mengetahui pengertian dasar Fotografi, banyak hal lagi yang harus kita ketahui mengenai dunia tersebut apalagi kalian yang memiliki ketertarikan tersendiri dalam hal ini. Fotografi merupakan seni yang butuh imajinasi, teknik dan juga peralatan yang tergolong mahal.  

Related Posts:

0 Response to "Apa Itu Fotografi?"